Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona

Terima kasih Buat Yang Sudah Share Blog Ini

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona. Selama ini yang kita ketahui laut yang menggandung garam yang tinggi hanya ada di “laut mati” yang terkenal terdapat di kawasan antara negara Yordania, Palestina, dan Israel. hingga menyebabkan siapa pun yang berenang di permukaannya tak akan bisa tenggelam ke dalamnya alias terapung. Namun siapa sangka.

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona 1

Laut mati yang langka ini juga bisa ditemui di Indonesia, atau tepatnya ada di wilayah kepulauan Nias, Sumatera Utara. Adalah Pantai Tureloto yang tak hanya menampilkan keindahan semata, namun juga menyimpan fenomena laut mati yang tentu sangat menarik untuk kamu kunjungi di liburan mendatang.

Bisa dikatakan berenang di Pantai Tureloto jauh lebih indah ketimbang laut mati yang ada di Timur Tengah sana. Mengapa? Seperti yang sudah diceritakan di awal, Pantai Tureloto kaya akan biota kehidupan laut yang menghiasi di dalamnya, sehingga Anda bakal merasakan pengalaman mengapung di atas laut, sambil ditemani ikan dan terumbu karang yang cantik. Berbeda dengan laut mati yang di dalamnya sama sekali tak ada kehidupan.

Terapung di Pantai Tureloto “Laut Mati” Indonesia

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona 8

Alasan mengapai Pantai Tureloto Laut Mati ala Indonesia adalah karena kadar garam tinggi yang dimiliki oleh tempat ini. Kamu nggak perlu takut tenggelam saat berenang di pantai ini. Sebab, kandungan garam tersebut bisa menopang tubuh sehingga tanpa perlu usaha khusus kamu bisa mengapung dengan sendirinya. Pesona tempat ini nggak cuma itu saja terdapat hamparan batu karang berbentuk unik yang hadir di pantai berpasir putih dan berair jernih ini juga menambah cantiknya wajah tempat wisata tersebut. Karena bentuknya, masyarakat setempat  menyebut batu karang itu dengan nama Batu Otak.

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona

Tsunami Menbuat Pantai Tureloto Menjadi Indah

Awalnya, Pantai Tureloto dipandang sebagai pantai yang “biasa-biasa saja” oleh warga setempat. CIri khas bibir pantai yang monoton kala itu tidak dipandang sebagai objek wisata yang mampu menjual. Tatkala pada tahun 2005 silam, gempa bumi besar yang mengakibatkan bencana tsunami di Samudera Hindia yang melanda hingga kawasan kepulauan Nias, sontak mengubah wajah pantai ini.

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona

Menurut warga sekitar, Pantai Tureloto yang menghadap langsung ke Samudera Hindia memiliki kesatuan gugusan karang yang cukup luas. Ketika tsunami terjadi, gugusan tersebut pecah dan tersebar menjadi batuan karang yang terdapat di berbagai titik pantai, hingga akhirnya tercipta ke-eksotisan  tersendiri yang ada di sini. Berkat ini pula, ombak-ombak besar menggulung yang biasa jadi ciri khas Samudera Hindia tak sampai di bibir Pantai Tureloto ini, alhasil permukaan laut yang tenang dan memanjakan tersaji di sini.

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona

Selain mempercantik pemandangan, benteng karang tersebut juga menjadi penghalau gelombang besar sehingga membuat kondisi air di sana jadi selalu tenang. Tempat  benteng karang ini biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai tempat untuk bersantai-santai menikmati pemandangan yang ada di sana atau berwisata selfie.

Berbeda dengan Laut Mati di Yordania, biota laut yang cantik masih tetap bisa hidup di Pantai Tureloto meski air yang ada di sana mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Jadi, kalau kamu memang punya rencana untuk liburan ke sana jangan lupa untuk menyempatkan diri ber-snorkeling ya!

Aktivitas seru lain yang bisa kamu nikmati saat berada di pantai ini adalah keliling menggunakan perahu tradisional saat senja tiba. Panorama langit jingga yang memantul ke permukaan air pantai akan menambah romantis suasana di sana.

Snorkling di Pantai Tureloto

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona

Gugusan karang yang eksotis ini juga diketahui menyimpan banyak biota laut nan indah yang siap jadi teman snorkling Anda. Snorkling memang jadi aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan di sini, selain berenang, atau pun berkeliling pulau menggunakan sampan bermotor yang dapat disewa, jadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan di pantai yang terletak di kabupaten Nias Utara ini.

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona -7

Lokasi Pantai Tureloto

Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara. Tempat wisata di Nias Utara paling eksotis ini memiliki hal-hal unik selain pantainya yang indah. Salah satunya terumbu karang dengan jumlah banyak yang mengitari pantai Tureloto.  Meski namanya sedang naik daun, pantai ini terhitung cukup sepi pengunjung. Salah satu alasannya mungkin karena lokasinya yang terhitung agak jauh sekitar 80 km dari pusat kota Gunungsitoli. Bahkan, belum ada transportasi umum yang bisa mengantar wisatawan dan touris langsung ke tempat wisata ini. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk datang ke sana, lebih baik menyewa kendaraan saja ya.

Waktu tempuh yang akan kamu lalui sekitar dua jam dari Gunungsitoli. Meski butuh perjuangan untuk bisa sampai sana, percaya deh kalau rasa lelahnya bakal terobati dengan kecantikan wajah pantai  tersebut. Untuk masuk ke kawasan Pantai Turuleto tidak dipungut biaya sama sekali, hanya saja untuk menggunakan fasilitas toilet umum, pengunjung dikenakan biaya kebersihan yang sangat murah. Selain itu, fasilitas di pantai tureloto ini juga cukup lengkap menemani aktivitas kamu di sana seharian. Fasilitas seperti tempat makan yang menjajakan makanan berjenis seafood juga mudah ditemui di sini. Sehingga kamu bisa menikmati Pantai Tureloto dengan lebih nyaman dan nikmat.

Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona

Di pantai ini banyak terdapat warung yang menjajakan kuliner seafood, Buat kamu yang menggemari keindahan laut, Pantai Tureloto tentu wajib masuk ke dalam daftar liburan kamu berikutnya, Di tempat tersebut jangan lupa  untuk merasakan sensasi mengapung di objek wisata ini dan melihat satu batu unik di Pantai Tureloto ini yaitu Batu Otak, batu yang memiliki motif otak manusia. Air yang jernih, kondisi alam yang masih sangat segar. Pantai ini adalah destinasi wisata di Nias Utara paling ramai di kunjungi. aktivitas yang tak boleh dilewatkan di pantai yang terletak di kabupaten Nias Utara ini.

Demikian Informasi dari Pantai Tureloto Laut Mati Indonesia Dengan Sejuta Pesona. Semoga dapat menjadi referensi perjalanan dan menambah daftar kunjungan wisata anda yang ingin menelusuri dan merupakan salah satu tempat wisata di tanah air yang wajib anda kunjungi dengan keunikan lokasi wisata tersendiri yang tidak ada di tempat wisata pantai di tempat lain nya.

Terima kasih Buat Yang Sudah Share Blog Ini