Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Terima kasih Buat Yang Sudah Share Blog Ini

Pantai Plengkung G-Land Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Pantai plengkung (G-Land) wisata pantai favorit para surfing dunia. Keindahann Melihat Pantai Plengkung memang tiada duanya di dunia dengan ombaknya yang dahsat merupakan tantangan tersendiri bagi para pengemar surfing baik kelas dunia maupun lokal untuk menaklukannya. Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia.. terletak di lokasi pantai berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi Jawa Timur, terletak di sebelah tenggara Pulau Jawa, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata pantai yang ada di jawa timur. Wisatawan asing menyebutnya G-Land. Pantai ini merupakan salah satu tempat surfing terbaik dunia oleh para pengemar olahraga surfers atau selancar. dengan gulungan ombak yang memukau dan menajubkan dan sangat di sukai oleh para pencinta surfing.

Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Favorit surga Para Surfer Dunia

Arti dari huruf G diambil dari nama Grajagan.  Grajagan adalah nama sebuah teluk berlokasi persis di sebelah barat pantai tersebut dan memang satu garis pantai dengan G-Land. Jika di lihat dari atas pantai G Land menyerupai huruf G jika dilihat dari atas. Pantai ini oleh masyarakat  banyuwangi dikenal dengan nama Pantai Plengkung.  Para peselancar ini sebagian besar datang dari bali karena lokasi pantai dapat diakses langsung dari Pantai Kuta Bali dengan menggunakan speed boat. Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Pantai Plengkung G-Land Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia. Pantai plengkung adalah salah satu pantai yang populer dan terkenal sebagai “The Seven Giant Waves Wondera” yang diberikan oleh seorang peselancar dunia atas gulungan ombaknya yang memukau. Dengan ombak terbesar nomor dua dunia setelah Hawaii, dengan gulungan Ombak terpanjang pertama. Ketinggian ombak dapat mencapai hingga 4-6 meter dengan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Formasi ini dapat mencapai panjang sejauh 2 kilometer. Inilah sebab mengapa para peselancar profesional memiliki ketertarikan tinggi untuk menaklukkan ombak Pantai Plengkung.

Pantai Plengkung G-Land Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Pantai Plengkung memiliki ombak terus menerus sepanjang tahun. Puncak ombak di Plengkung hanya ada di bulan-bulan tertentu antara April hingga Agustus. Oleh karena itu tidaklah mengherankan Plengkung sudah lima kali menjadi ajang surfing internasional. Ombak paling besar biasanya muncul di bulan Juni, Juli, serta November. Dalam rentang waktu tersebut, ketinggian ombak dapat mencapai ketinggian hingga 6 meter lebih. setiap ombak memilki tipe yang berbeda dengan ombak yang lain Ada empat tipe ombak di Pantai Plengkung. Para peselancar menyebut ombak paling kecil dengan istilah chickens, ombak sedang speedies, ombak menegah monkey trees dan ombak terbesar kongs. Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia.

Pantai Plengkung G-Land Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Perlu diketahui bahwa Untuk para surfing pemula juga dapat bermain dengan ombak di sekitar Pantai Plengkung. Ada tempat lain dengan ombak yang relatif tidak besar, namanya Pantai Batu Lawang, dapat dicapai sekitar 20 menit berjalan kaki. Tempat ini cocok dijadikan tempat belajar beselancar sebelum menjajal ombak di G-Land yang sesungguhnya.

Baca juga: Pantai Klayar Pacitan Yang Unik Dan Mempesona di Jawa Timur

Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia. Ombak pantai batu lawang disebut dengan nama “twenty-twenty”. Artinya, peselancar membutuhkan waktu 20 menit untuk mencapai ke tengah dengan mendayung serta 20 menit sisanya menikmati gulungan ombak. Pantai ini sangat tepat untuk mencoba berselancar dengan ombak berketinggian 3-4 meter.

Pantai Plengkung G-Land Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Wisatawan yang datang ke Plengkung pada umumnya melakukan kegiatan atau beraktifitas berselancar. Para peselancar ini sebagian besar datang dari Bali karena lokasi Pantai Plengkung dapat diakses langsung dari Pantai Kuta Bali menggunakan speed boat. Sekitar pantai plengkung atau G-Landa masih dikelilingi oleh hutan tropis yang masih asri. Selain Pantai Plengkung dan pantai batu lawang, ada juga pantai lain di sekitar pantai G-Land yang dapat Anda kunjungi. Misalnya, Pantai Parang Ireng dengan air biru dan pasir putih kecoklatan.

Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Jika Anda tidak ingin bermain selancar di Pantai Plengkung Banyuwangi, Anda dapat menikmati panorama pantainya yang indah. Hamparan pasir putih, air laut biru dengan gelombang yang tak pernah putus-putus adalah serangkaian pesonanya yang menarik. Serta dengan pemandangan alam tropisnya yang masih asri. Jika anda mengunjungi Pantai Plengkungan atau G-Land berarti anda berkunjung ke Hawaii. Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia

Pantai Plengkung (G-Land) Wisata Pantai Favorit Para Surfing Dunia. Di seputaran Pantai Plengkung Banyuwangi, terdapat pula sejumlah pantai lain yang dapat Anda kunjungi. Misalnya, Pantai Parang Ireng dengan air biru dan pasir putih kecoklatan. Inilah pantai dengan ombak yang menantang setara dengan ombak pantai di negara lain yang di miliki indonesia, ada juga ombak yang sama seperti  Nias, Sumatra Utara. Cimaja, Sukabumi dan Bongko-Bongko Lombok.

Terima kasih Buat Yang Sudah Share Blog Ini